WANITA HARUS MAKAN WORTEL


Wortel merupakan salah satu sayuran yang populer diseluruh dunia. Ia sangat dikenal akan kandungan vitamin A nya yang sangat tinggi. Selain harganya cukup ekonomis, wortel adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai bagian dari kuliner, wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar atau di buat jus.
Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Lalu Apa saja manfaat yang bisa diperoleh tubuh kita, jika mengkonsumsi wortel mentah atau jus?
1.   Mengurangi resiko stroke
Wortel membantu mengurangi resiko serangan stroke. Mereka yang setiap harinya rajin mengonsumsi wortel, 68% punya kesempatan terjauh dari stroke. Konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.
2.   Merawat kesehatan gigi
Wortel berperan penting dalam membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi anda. Ini dikarenakan, wortel memiliki kandungan mineral tertentu yang dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.
3.   Mengatasi problem pencernaan
Nenek moyang memanfaatkan wortel untuk mengobati diare secara alami. Kabarnya, wortel dapat mencegah perkembangan bakteri sehingga proses penyembuhan diare bisa berlangsung lebih cepat. Karena mengandung potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, wortel juga dapat mengatasi problem pencernaan. Sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan perut tidak sembelit.

4.   Bekerja sebagai antiseptik
Sudah sejak jaman dulu dipercaya wortel dapat menjadi antiseptik yang baik untuk mencegah infeksi pada kulit. Cara termudah adalah dengan mengaplikasikannya pada luka dan membalutnya hingga kering.

5.   Mempercantik kulit
Sudah disebutkan di atas kan kalau wortel ini ampuh untuk merawat kulit. Keampuhannya termasuk menjaga dan merawat kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengusir pigmentasi atau noda hitam pada kulit. Memaskerkan wortel pada kulit wajah sekaligus mencegah dan mengurangi kerutan di wajah.

6.   Mengurangi Resiko Kanker
Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.
Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

7.   Baik untuk kesehatan mata
Vitamin A di dalam wortel sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Di mana mata menjadi lebih jernih serta penglihatan di kegelapan atau malam hari jadi lebih tajam. Wortel juga melindungi mata dari serangan penyakit katarak yang biasanya menyerang mata yang sudah berusia. Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.
Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
#KesehatanWanita #KesehatanWanita #ManfaatWortel






Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar