MANFAAT BUAT TOMAT UNTUK KULIT DAN WAJAH

Hasil gambar untuk tomat
Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, masih berkerabat dengan terung, kentang, dan paprika merah ataupun hijau. Tomat termasuk buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Namun, hingga modern ini masih banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayuran, mungkin karena salah satu fungsinya sebagai lalap sayur.
Buah tomat sangat populer di dunia, apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.
Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah tomat diantaranya yaitu :

1.   Mengatasi Komedo, Muka Kering Kusam, dan Berminyak
Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah tomat ialah dapat membantu anda untuk mengatasi masalah komedo yang membandel diwajah serta bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan diwajah anda.  Dan yang tak kalah penting, tomat juga dapat membantu anda mengatasi masalah kulit kering kusam.
2.   Sebagai Masker Tabir Surya Wajah
Jika anda adalah salah satu orang yang sering beraktifitas  diluar ruangan, tak ada salahnya untuk mencoba cara alami ini, sehingga kulit anda bisa terlindungi secara alami dari panasnya sinar matahari. Selain sebagai tabir surya alami, tomat juga dapat membantu anda untuk mengatasi masalah peradangan yang ditimbukanl karena terbakar panasnya sinar matahari.
Adapun caranya adalah dengan menghaluskan buah tomat, kemudian campur dengan sedikit yogurt, setelah itu anda dapat mengoleskannya ke area wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit untuk masker alami.
3.   Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat
Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

4.   Mencerahkan kulit
Kulit wajah Anda kusam dan hingga kini belum tahu rahasia kecantikan untuk membuat kulit wajah cerah? Gunakan saja tomat yang mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda.
Caranya pun tidak sulit, Anda siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan tiap irisan untuk menggosok wajah secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari agar memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.
5.   Menghilangkan jerawat
Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut.
Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam.
6.   Menyegarkan mata
Sepulang ngantor pasti mata lelah dan ingin sekali dibuat tidur. Ada baiknya sebelum bergegas mengistirahatkan mata, lakukanlah pemijatan ringan pada seluruh permukaan wajah Anda dan tempelkan dua iris tomat ke kedua bola mata Anda (menutupi kedua mata).
Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena telah seharian digunakan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kantung mata, menggunakan potongan tomat juga dapat membantu menghilangkannya.
7.   Mencegah kulit terbakar
Menurut Prevention Magazine, orang yang dalam tiga bulan mengonsumsi 5 sendok makan pasta tomat setiap harinya akan membuat kulitnya terlindugi dari masalah terbakar akibat matahari. Meskipun kulit sudah terbakar, pasta tomat bisa membantu mengobatinya.
Gunakan campuran 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yoghurt, oleskan pada permukaan wajah, leher, tangan, dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan di dalam tomat akan menyegarkan kulit, sedangkan yoghurt membuat kulti menjadi elastis dan lembut.
8.   Menghaluskan kulit
Kulit yang halus menjadi aset berharga bagi setiap orang, khususnya wanita. Selain mendapat nilai plus di mata orang sekitar, kulit halus juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Banyak sekali model yang melakukan perawatan kulit agar halus dengan menggunakan tomat, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?
Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya hingga menjadi pasta tebal. Oleskan pada wajah secara merata, berikan pijatan relaksasi dengan gerakan melingkar. Terus lakukan hingga tomat yang sudah halus habis, barulah dibersihkan menggunakan air hangat. Jangan keluar rumah setelah menjalani perawatan untuk mencegah debu menempel pada permukaan wajah yang sudah bersih.

#ManfaatTomat #Kesehatan #Kecantikan


Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar