Gejala penyakit jantung

Gejala penyakit jantung


Penyakit jantung atau serangan jantung secara tidak langsung dianggap orang awam sebagai gangguan kesehatan yang sama. Sebetulnya, di dalam dunia medis, kedua masalah tersebut berbeda. Penyakit jantung adalah ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, serangan jantung adalah penyumbatan atau penyusutan pembuluh darah ke jantung, yang mengedarkan darah dengan mengangkut sari makanan dan oksigen. Serangan jantung dikatakan sangat berbahaya, karena dilihat dari rekam jejak penderita serangan jantung selalu berakhir pada kematian.

Ciri-Ciri Penyakit Jantung


Gejala penyakit jantung lemah bisa terjadi kapan saja. Pada dasarnya timbulnya penyakit ini bisa dicegah sejak dini. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang bisa mengancam keselamatan Anda. Dan jika nantinya Anda merasakan atau mengalami beberapa gejala yang nantinya kita bahas pada artikel ini, segeralah untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut benar gejala penyakit jantung atau bukan.
Dan berikut ini adalah ciri2 penyakit jantung yang biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, atau terlalu sering stres:

1.   Merasa Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah hanya istilah yang biasa dipakai oleh orang-orang “galau.” Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang yang terkena sakit jantung. Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang Anda rasakan adalah diakibatkan oleh penyumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Maka dari itu sebaiknya Anda konsultasikan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter. Jika tidak segera ditangani dan semakin hari semakin parah, kondisi ini akan membuat tubuh penderita menjadi semakin lemah dan mati rasa. Berbahaya sekali, bukan?

2.   Merasa Sakit Kepala
Mungkin jika Anda tidak jeli menyikapi ciri2 penyakit jantung, Anda akan merasa bahwa gejala sakit kepala ini adalah gejala biasa yang mungkin biasa Anda alami. Tetapi ternyata gejala sakit kepala yang diderita oleh penyakit jantung ini bisa terjadi saat penderita terkena sorotan cahaya. Apa pengaruhnya bagi jantung? Saat Anda terkena sorot cahaya, maka jantung akan terpengaruh untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya. American Academy of Neurology mengatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dirasakan oleh penderita sakit jantung terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah. Nah, bagi Anda yang serinng mengalami gangguan pengelihatan dan juga sering mengalami migren, mungkin Anda harus memeriksakan diri Anda. Barangkali itu adalah cikal bakal gejala penyakit jantung lemah.

3.   Mudah Merasa Lelah
Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan sangat mudah merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau jika Anda juga merasa lelah saat Anda bangun tidur ketika seharusnya Anda merasa segar, Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri Anda dan apakah gejala tersebut termasuk gejala sakit jantung atau bukan.

4.   Nyeri Pada Bagian Tubuh Lain
Kalau dalam keadaan umum sakit jantung ditandai dengan adanya nyeri dada, wanita akan mengalami rasa nyeri pada bagian lain, yaitu pada : lengan, leher, rahang dan punggung. Nyeri pada bagian tersebut tidak terjadi pada pria, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari bahaya dibalik nyeri tersebut. Nyeri ini merupakan kondisi yang tak lazim jadi misalnya anda tiba-tiba mengalami nyeri pada lengan, leher, rahang dan punggung tanpa sebab yang pasti atau kadang terbangun secara tiba-tiba karena nyeri tersebut, anda perlu mewaspadai hal tersebut sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Segera konsultasikan kepada dokter anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
5.    Sakit Perut
Siapa yang mengira bahwa sakit perut merupakan salah satu gejala sakit jantung. Sakit perut identik dengan tanda-tanda sakit maag atau sakit lambung, sehingga banyak yang mengabaikan hal ini sebagai salah satu sinyal yang harus anda waspadai. Bila anda merasakan sakit perut yan luar biasa, disertai dengan mual anda perlu segera ke dokter dan memeriksakan diri anda. Sakit perut pada penyakit jantung biasanya menimbulkan rasa sakit seperti ada beban berat yang menimpa perut anda.
6.   Berkeringat Dingin
Keringat dingin berbeda dengan keringat pada umumnya, misalnya keringat yang dihasilkan karena baru saja melakukan olahraga. Keringan dingin lebih seperti keringat yang dihasilkan karena gugup ataupun stress. Jadi apabila tangan anda tiba-tiba mengeluarkan keringan meskipun anda sedang tidak olahraga atau sedang berpanas-panasan, anda perlu mewaspadai hal tersebut.
#GejalaPenyakitJantung #CiriCiriPenyakitJantung





Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar