MANFAAT DAN KHASIAT SAYUR KANGKUNG BAGI KESEHATAN


Kangkung kita banyak temukan di pasar atau supermarket, kangkung dijual dengan harga murah. Siapa sangka kangkung yang murah ternyata kaya akan manfaat selain ada pula negatifnya yaitu membuat kita ngantuk, jangan khawatir kangkung pula banyak nilai positifnya untuk kesehatan.
Kangkung sebenarnya sudah dikenal di banyak penjuru dunia dengan berbagai macam sebutan, diantaranya Kangkong (Thailand), Kangkung(Vietnam dan Indonesia), Kankun, Water spinach (Inggris), Weng Cai (China) Water morning glory, River spinach, Water convolvulus, Swamp cabbage, Chinese spinach, dll. Kangkung termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan Convolvulaceae, yang merupakan tanaman yang tumbuhnya sangat cepat dan mudah hidup. Ia memiliki nama ilmiah Ipomoea aquatica, merupakan tanaman tropis yang media hidupnya di air dan tanah lembab. Kangkung juga mudah tumbuh subur didaerah subtropis, namun seringkali banyak ditemukan didaerah Asia tenggara. Di Indonesia khususnya atau di Asia tenggara pada umumnya, kangkung adalah makanan yang populer, dan banyak ditemukan disebagian besar masakan. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah sebagai salad, atau masak sebagai sayuran dan tumis.
Kangkung mengandung nutrisi yang baik seperti vitamin A, B, C, fosfor, zat besi, serat, selenium, asam amino, dan kalsium. Kita bisa membuat kangkung dengan berbagai olahan mulai ditumis ataupun disayur akan tetapi ada pula cara pengolahan lain untuk dijadikan obat bagi penyakit .
Berikut manfaat dan khasiat sayur kangkung bagi kesehatan :
1.   Mengatasi insomnia
Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.  
2.   Anti toksin dan Mencegah sembelit
Kangkung memiliki sifat antiracun, sehingga bermanfaat untuk meringankan sakit bisul, hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit, karena kangkung juga tinggi mengandung serat.
3.   Mengurangi Anemia
Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami. Namun jika Anda mengkonsumsi kangkung, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Sayuran air ini menawarkan Anda zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.
4.   Anti diabetes melitus
Kangkung yang diekstrak ternyata merupakan bantuan yang baik untuk diabetes melitus. Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung  dapat menghambat penyerapan kadar gula dalam darah. Perbanyaklah mengkonsumsi kangkung bila anda mengidap penyakit diabetes mellitus.
5.   Kekebalan tubuh terhadap virus flu biasa
Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin C, sehingga merupakan penangkal serangan influenza yang sangat baik. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan.
6.   Menyehatkan penglihatan
Kangkung kaya akan vitamin A , sehingga Kangkung bisa menjaga kestabilan penglihatan mata. Vitamin A yang terdapat pada kangkung sebesar 6300 IU, sedikit lebih banyak dibanding bayam yang hanya 6100 IU. Hal tersebut dapat dilihat dari warna daunnya, semakin hijau daunnya maka kandungan betakarotin juga semakin tinggi.
7.   Anti parasit usus
Kangkung yang dikonsumsi mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.
8.   Ibu hamil dan menyusui
Kangkung dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Dan sebenarnya di India kangkung juga digunakan untuk mengobati diabetes selama kehamilan.
9.   Kesehatan hati atau liver
Menurut penelitian, kangkung dikatakan bisa mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhadap modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.
10.                 Mengurangi Haid Berlebihan
Caranya: Ambil setengah kilogram daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tuangkan air setengah gelas, saring dan tuangkan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari sekaligus. Haid akan jadi baik dan lancar.
11.                 Mencegah Sariawan atau Gusi Berdarah
Kandungan vitamin C pada kangkung lebih banyak dibanding kebanyakan sumber vitamin C pada buah-buahan. Oleh karena itu, kangkung baik untuk mencegah sariawan/gusi berdarah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terkena serangan penyakit akibat virus, misalnya flu. Kadar vitamin B Kompleks dan Omega 3 pada kangkung, ternyata juga cukup banyak. Keduanya merupakan peningkat produksi serotin dalam otak kita, sehingga bisa menciptakan suasana tenang melalui otak. Oleh karena itu, kangkung bisa dikatakan bisa  menyegarkan kembali otak kita.
12.                 Menghilangkan Ketombe
Caranya: Ambilah seikat daun Kangkung. Rendam daun ini semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Lakukan setiap hari, niscaya ketombe akan hilang.
13.                 Melancarkan air seni
Caranya: Ambilah akar kangkung secukupnya. Direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari. Niscaya air seni akan lancar.
14.                Mencegah Mimisan
Caranya: ambil seikat daun Kangkung segar. Cuci bersih, lalu tumbuklah sampai halus. Tambahkan sedikit gula aren, seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari, maka mimisan akan mampat dan hilang.
Apakah Anda masih bingung mau masak apa hari ini? Mungkin Masak Sayur kangkung bisa jadi salah satu alternatif yang menyehatkan.


Demikian khasiat serta manfaat kangkung bagi kesehatan kita. Namun bagi penderita asam urat, sebaiknya tidak banyak atau sering mengkonsumsi kangkung.

#ManfaatKangkung #SayurKangkung

Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar