Bahaya Tidur Menggunakan Kipas Angin



        1.  Penyakit Bell Palsy
Penyakit kelumpuhan, namun bukan kelumpuhan tubuh melainkan kelumpuhannya terjadi pada wajah. Wajah akan terasa sulit untuk tersenyum, tertawa  dan ada pembengkakan di daerah wajah tertentu. Penyakit ini disebabkan oleh kondisi syaraf wajah yang menegan, dikarenakan terkena suhu dingin seperti kipas angin terus-menerus.
2.   Tubuh kekurangan air
Seperti yang diungkap oleh Dr. Wendra Ali, seorang ahli syaraf mengatakan bahwa saat kita berada di ruangan yang dingin dalam waktu yang lama akan membuat tubuh kita kekuarangan air. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi  kita, kita tahu  bahwa sekitar 70% tubuh kita membutuhkan asupan air. Jika kipas angin justru membuat air di dalam tubuh berkurang maka tentu akan berdampak buruk terhadap fungsi masing-masing organ kita.
3.   Kulit kering
Masalah kulit tidak hanya terjadi karena terkena sengatan sinar matahari saja. Kondisi ruangan yang terlampau dingin juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Saat terlalu lama menggunakan kipas angin, efek kekurangan air akan terjadi pada tubuh, termasuk kulit. Kulit kita sejatinya sangat membutuhkan kandungan air dalam darah yang mengalir di sekitar kulit.
4.   Otot kaku dan nyeri
Otot kaku dan nyeri juga akan dirasakan jika mendapatkan hembusan angin dari kipas terlalu lama. Suhu yang dingin akan menurunkan produksi cairan lubrikasi yang berfungsi untuk menguatkan otot dan persendian kita. Maka tidak heran jika kita tidur dengan kipas angin, maka saat bangun tubuh kita terasa nyeri.
5.   Infeksi saluran pernapasan
Kipas angin hanya untuk menggerakkan udara. Tidak ada proses penyaringan yang dilakukan. Oleh karena udara yang ada di sekitar ruangan akan di hembuskan ke tubuh kita. Akan menjadi bahaya jika wajah kita mendapatkan hembusan angin dari kipas angin tersebut. Perlu diketahui, bahwa ada potensi udara yang mengandung bakteri, kuman, atau bahkan virus yang terhirup oleh hidung. Bahaya kipas angin ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi di dalam saluran pernapasan, seperti asma.

6.   Mengalami Kekurangan Oksigen

Salah satu bahaya yang timbul jika terlalu sering menggunakan kipas angin adalah tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Ini dikarenakan kipas angin yang mengarah ke tubuh atau wajah kita, menyebabkan tubuh akan kesulitan bernapas. Ini dikarenakan kurangnya jumlah oksigen dalam darah akibat dari sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi masih ditambah dengan ruangan yang tertutup menambah sirkulasi udara tidak lancar. Jadi usahakan menghindari penggunaan kipas angin terlalu sering dan usahakan terdapat ventilasi pada ruangan untuk sirkulasi udara.

7.   Mengalami Penurunan Suhu pada Tubuh

Bahaya tidur menggunakan kipas angin yang selanjutnya adalah mengalami penurunan suhu pada tubuh. Ketika suhu pada tubuh menurun secara drastis, ini akan menyebabkan tekanan darah serta sistem pernafasan pada tubuh akan mengalami gangguan. Hal ini tentu berbahaya pada organ jantung serta paru-paru.

8.   Resiko Debu Masuk ke Dalam Tubuh

Resiko dari debu yang masuk ke dalam tubuh bisa juga terjadi. Ketika menggunakan kipas angin debu yang ada di udara ikut berterbangan, akibatnya adalah resiko udara kotor masuk ke dalam tubuh. Untuk meminimalisir udara kotor, sebaiknya ruangan memiliki ventilasi, menggunakan kipas angin jangan terlalu lama atau juga membuka pintu ketika menggunakan kipas angin.

9.    Menyebabkan Badan Menjadi Kurang Bugar

Badan kurang bugar merupakan bahaya dari tidur menggunakan kipas angin terlalu sering. Ketika bangun tidur dengan kondisi kipas angin menyala biasanya tubuh lemas dan kurang bugar. Badan yang lemas dan kurang bugar ini akibat tekanan udara yang langsung mengarah ke tubuh dari gerakan kipas. Bisa juga tubuh mengalami kekurangan pasokan oksigen.
10.Resiko kematian
Kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi dari bahaya kipas angin jika kita tidur dengan menggunakan kipas angin dan berada di ruangan tertutup dengan ventilasi udara yang buruk. Bayangkan kita berada di dalam ruangan tertutup maka tidak ada sirkulasi udara yang artinya pasokan oksigen akan sangat terbatas. Tidak adanya oksigen yang dihirup akan membuat kita akan menghirup karbon dioksidan yang hal itu akan merusak organ pernapasan kita. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah kematian jika terlalu lama menghirup karbon dioksida.
 Seperti penjelasan di atas untuk mengatasi penggunaan kipas angin ketika tidur sebaiknya usahakan kamar memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi atau pergantian udara serta usahakan tidak mengarahkan langsung kipas angin ke tubuh. Anda bisa memutarkan kipas angin untuk mengurangi tekanan yang langsung mengarah ke tubuh.

#BahayaTidurDenganKipasAngin #BellPalsy #ResikoKematian




Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar