Manfaat Taoge Bagi Kesehatan

Taoge adalah sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkecambah dan dilindungi dari cahaya. Kata taoge sendiri adalah serapan dari dialek Hokkian, istilah Mandarin-nya adalah douya. yang secara harfiah berarti kecambah kacang-kacangan, umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan dalam menu makanan dari Asia Timur. Taoge segar sangat kaya akan vitamin E, dan merupakan menu yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi taoge, tubuh akan terobati dan tercegah dari kekurangan vitamin E.
Manfaat Taoge 
Taoge adalah bahan makanan yang sangat rendah kalori namun mengandung banyak nutrisi, termasuk protein, vitamin C dan kalsium. Tauge juga merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat baik.
Dalam kaitannya dengan kesuburan, taoge berlimpah akan kandungan asam folat, yaitu suatu vitamin yang penting untuk kesehatan darah dan sangat diperlukan untuk membantu kehamilan.
Berikut adalah manfaat Tauge bagi kesehatan :
1.   Mencegah Kanker
Dalam proses terbentuknya taoge telah menguraikan 90% rantai olisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah sekali diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas. Karena mengandung banyak serat dan air, toge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda toge dalam memerangi kanker. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar ini akan mencegah menumpuknya zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker.
Bagi para wanita rajin mengonsumsi kecambah toge dapat mencegah kanker panyudara. Kecambah kedelai kaya akan senyawa anti kanker. Senyawa genistin akan bekerja lebih efektif ketika sudah berbentuk benih kecambah dan akan menekan kanker. Saat itu, genistin akan bekerja secara aktif menghambat pasokan makanan bagi sel-sel kanker sehingga mereka mati.
2.   Menjaga dan Meningkatkan Keasaman Lambung 
Ada beberapa orang yang ketika mengkonsumsi kacang akan merasa kembung ini karena mereka terlalu sensitif terhadap oligosakarida. Untuk mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, taoge mungkin salah satunya karena bersifat basa.
3.   Menjaga Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis 
Kandungan dari estrogen alami yang ditemukan dalam tauge berfungsi dengan sintesis estrogen dan tanpa efek samping. Estrogen ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis atau kerapuhan tulang. 
4.   Mencegah Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung 
Kandungan saponin dalam taoge dapat menghancurkan lemak jahat LDL tanpa mempengaruhi lemak baik HDL. Pada toge kandungan saponinnya sangat tinggi karena pada saat proses dari biji-bijian menjadi kecambah kadar saponinnya naik menjadi 450%.
Bagi penderita stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh lemak darah melambung, sebaiknya juga mengkonsumsi sayuran taoge.
5.   Mencegah Penuaan Dini 
Sayuran ini merupakan sayuran yang dapat membuat kita awet mudah karena dapat mencegah penuaan dini. Toge mengandung antioksidan yang kuat dan sangat padat sehingga melindungi tubuh dari radikal bebas.
6.   Menguatkan rambut
Manfaat Vitamin A dalam toge dapat merangsang folikel rambut dan kulit kepala untuk menghasilkan rambut lebih sehat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering serta dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, mengkonsumsi toge juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta memperkuat dan memperbaiki jaringan kapiler dalam upaya mendapatkan rambut yang kuat dan tebal yaitu dengan menghasilkan pembuluh darah baru dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan folikel.
7.   Menghidrasi kulit
Taoge juga kaya manfaat vitamin B yang dapat membantu dalam proses pembentukan kulit yang sehat. Dengan mengkonsumsi segelas jus toge setiap hari, dapat membantu Anda untuk mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik, sehingga menjaga kelembabannya.
8.   Mengatasi jerawat
Mengkonsumsi taoge segar juga dipercaya mampu untuk mengobati eksim. Selain itu, hal ini dapat juga menunjukkan hasil yang ajaib pada penderita gangguan jerawat. Dimana  jerawat dapat diatasi secara alami tanpa memerlukan biaya perawatan yang mahal. Kecambah mengandung manfaat omega 3 yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta menurunkan risiko timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya seperti gatal, scaling dan eritema.
Dengan demikian, dengan mengkonsumsi kecambah akan dapat membantu membuat kulit terlihat lebih halus dan lebih muda yaitu dengan pengurangan kondisi peradangan seperti jerawat dan psoriasis.
9.   Meningkatkan kesuburan
Beberapa kalangan masyarakat telah mempercayai bahwa dengan manfaat toge untuk kesuburan, akan membantu dalam meningkatkan kualitas sperma pada pria. Hal ini berarti bahwa toge dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan.
Taoge mengandung sejumlah antioksidan alami seperti vitamin E, terutama vitamin E-alpha yang dapat melindungi sel dari pengaruh atau dampak dari radikal bebas yang sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada seorang pria. Dengan mengkonsumsi toge, sel telur atau sperma dapat terlindungi dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas tersebut.
10.               Membantu menurunkan berat badan
Dalam toge hanya sebagian kecil atau bahkan nyaris tidak terdapat lemak sama sekali. Hal ini mengartikan bahwa toge merupakan salah satu bahan makanan yang layak dikonsumsi guna membantu dalam program penurunan berat badan. Hal ini juga erat kaitannya dengan penurunan resiko terjangkitnya diabetes tipe 2 yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

#SehatAlami #NoJunkFood #Taoge #Sayuran #MakananSehat #DariAlam




Cargo Jakarta Cepat & Murah Express

Tidak ada komentar:

Posting Komentar